Rabu, 01 Juni 2016

manfaat-manfaat daun kelapa


Manfaat-manfaat Daun Kelapa








manfaat yang dapat kita ambil dari daun kelapa cukup banyak sekali, apabila kita selalu kreatif dan inovatif semua kreasi akan bermunculan, beberapa kerajinan dari daun kelapa, kita akan membahas manfaat tersebut

1. Atap
Selain daun rumbia dan daun ilalang, daun kelapa menjadi alternatif pembuatan atap rumah pada zaman dahulu. Pembuatan atap menggunakan daun kelapa tergolong lebih mudah jika dibandingkan dengan menggunakan daun ilalang. Daun kelapa yang belum begitu kering dianyam dengan rapi. Cara menganyamnya juga menggunakan teknik tersendiri. Dengan menggunakan bambu dibagian atas lipatannya, daun kelapa juga akan dirajut menggunakan tali dari bambu. Atap daun kelapa ini masih dapat kita jumpai di daerah pedesaan dan daerah pantai.

2. Burung mainan
Daun kelapa muda atau "janur" dapat digunakan untuk bermacam-macam kerajinan tangan, salah satunya adalah burung mainan. Meskipun disebut burung mainan, namun bagi orang-orang jawa burung mainan ini dijadikan salah satu simbol pernikahan adat jawa. Dikatakan sebagai  burung mainan  karena setelah acara adat jawa telah selesai maka burung dari janur ini akan digunakan anak-anak kecil untuk mainan.

3. Ketupat
Dalam proses pembuatan ketupat, kita memanfaatkan daun kelapa muda atau janur sebagai alat utamanya. Daun yang kita gunakan sebaiknya daun yang masih berwarna kuning atau hijau muda. Ketupat sering kita jumpai pada hari raya idul fitri. Pembuatan ketupat menggunakan daun kelapa muda sudah menjadi tradisi sejak zaman dahulu.

4. Kembar Mayang
Istilah kembar mayang merupakan istilah yang digunakan oleh adat jawa dalam prosesi pernikahan. Kembar mayang dibut menggunakan daun kelapa muda yang berwarna kuning. Daun kelapa muda atau janur ini akan dibentuk sedemikian rupa sehingga akan membentuk kembar mayang. Dalam proses pembuatan ini diperlukan pengetahuan tentang makna dari setiap bentuk dan kerajinan dalam memotong setiap bagian daun kelapa muda.





5. Hiasan pernikahan
Mayoritas adat di Indonesia menggunakan janur sebagai lambang pesta pernikahan. Pemilihan daun kelapa muda ini tentu saja memiliki makna yang berbeda-beda. Janur kuning dapat dijadikan sebagai hiasan pada pesta pernikahan. Bahkan bagi beberapa daerah,janur kuning akan di letakkan di tepi jalan sebagai petunjuk adanya pesta  yang tidak terlalu jauh dari janur berada.


6. Membuat sapu lidi
Sapu lidi merupakan salah satu hasil pemanfaatan dari pohon kelapa yaitu bagian daunnya. Lidi ini merupakan tulang daun kelapa. Daun kelapa yang sudah tua biasanya akan diambil oleh pemiliknya untuk diubah menjadi sapu lidi. Cara pembuatannya sangat mudah, kita hanya memisahkan daunnya dengan tulang daunnya.

7. Membuat tusuk sate
Lidi menjadi alternatif utama pembuatan tusuk sate. Karena pada umumnya orang menggunakan bambu sebagai alat untuk menusuk sate. Tusuk sate yang terbuat dari lidi kelapa ini lebih praktis jika dibandingkan dengan menggunakan mambu.

8. Membuat cemeti
Cemeti atau yang sering kita sebut dengan pecut mayoritas terbuat dari rotan. Namun sebagian orang yang sulit untuk menemukan rotan, mereka memilih tulang daun kelapa sebagai pengganti rotan. Cemeti yang terbuat dari lidi kelapa sudah di pasarkan diberbagai kota diindonesia.

9. Pakan Ternak
Daun kelapa muda dan tua, dapat dijadikan sebagai alternatif pakan ternak. Seperti sapi dan kerbau. Daun kelapa yang dimanfaatkan untuk pakan ternak biasanya adalah daun kelapa yang sudah diambil lidinya,

10. Membuat Kerajinan tangan lainnya
Kerajinan tangan berupa keris, terompet dan masih banyak lagi jenisnya dapat dibuat dari daun kelapa. Dengan kreatifitas yang dimiliki seseorang, daun kelapa dapat dimanfaatkan dengan baik sehingga menghasilkan kerajinan yang menarik

ulasan di atas merupakan hasil karya yang dapat dihasilkan dari daun kelapa, mari kita selalu inovatif dan kreatif agar selalu tercipta ide-ide segar yang bermunculan, Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar